Thursday, December 24, 2015

Psikologi Trading

Ketika anda mengatakan bahwa trading itu mudah dengan cara mengebuy dan sell yang penting itu profit namun nyatanya trading itu cukup sulit tampa pengetahuan dasar tentang ilmu forex. Para trader pemula cukup senang dengan dengan hasil profit hari ini dan bukan kepala senang seakan sudah cukup hebat dalam trading dan dia melupakan manegement money sehingga pada hari berikutnya loss dengan modal tampa sisa. Ini yang harus dipahami oleh para trader pemula yang merasa besar kepala ketika mendapatkan profit namun ketika loss merasa seakan tidak akan memulai trading lagi. Kontrol emosi, displin, penguasaan diri ini lah yang menjadikan kesuksesan trading. Secara kasat mata ilmu tentang analisa ketika sudah dipahami dan di praktikan maka akan selalu konsisten namun yang berhubungan dengan mental psikologi ini yang sangat sulit bagi para trader pemula. Resah dan panik seakan menjadi penyakit yang selalu menghatui para trader pemula,

Ketika masuk pasar merasakan gundah milhat grafik yang beberapa menit tidak sesuai dengan arah prediksi namun ketika beberapa jam kemudian ternyata prediksi kita benar. Dalam bertrading kontrol dan pengusaan diri menjdai sangat penting apalagi bagi pemula bahkan yang sudah lama terjun di bidang forex sekalipun. Trader berpengalaman dan prefesional tidak akan merasakan yang namanya resah, panik dan gundah karena di sudah berpengalaman dangan hasil latian yang lama dan ketekunan serta strategi yang baik. Berbagai macam strategi Trader prefesional sebetulnya mengunakan strategi yang simple tidak sama sekali mengunakan berpuluh-puluh indikator. Karena ia tau tidak ada satupun yang bisa menebak 100% kemana arah market akan bergerak. Sehebat-hebatnya indikator tak akan pernah bisa secara pasti menebak arah market akan berlabuh. Memandang dan melihat chart secara berlebihan menunggu open order yang baru kita buat hingga tidak tau kapan market akan sesuai dengan keinginan kita, ketika profit kita akan tutup order tapi ketika floating menunggu hingga berjam-jam ini merupakan kegagalan dalam ilmu psikologi trading yang dialami oleh para pemula. Trader prefesional melihat maket hanya beberapa jam sekali bahkan ada yang satu hari sekali hingga satu minggu bahkan lebih untuk melihat kesempatan open order yang tepat. Trader prefesional tidak akan merasakan gundah ketika open order karena ia sudah memprediksikan berapa keuntungan dan berapa kerugian akan di dapat.

Kunci agar kita sukses dalam peisikologi adalah money management yang baik yaitu mengunakan kurang lebih 2% dari modal kita untuk menahan margin. Stop loss take profit slalu di gunakan, namun itu juga tidak cukup dibutuhkan penglaman dan kerampilan yang diasah melalui akun demo displin disetiap trading kita kalau perlu mengunakan jurnal trading agar kita bisa lebih displin. Disarankan memakai time frame di atas H1 karena prediksi keakuratannya lebih baik di bandingkan dengan time frame yang lebih cepat. Salam profit

Wednesday, December 23, 2015

Jurney To Bali Hal yang Bener-bener Gila 2

Tags

Perjalanan Jogja-Bali 2 Oke gaess.. Perjalanan Jogja-Bali sesion 2 kita mulai and kita sambung lagi, keberagkatan kita dimulai star dari jogja Jam 7 pagi.. gasss gabate semangat sampai tujuan hehe..., kita awali keberangkatan dari jogja menuju kota Surakarta, sekitar jam 9 pagi kita sampai kota surakarta gak istirahat men lagsung gass.. lagi menuju kota Sragen , sesampai kota sragen ada hal yang mencengangkan gaess.. tiba-tiba Bowo neriakin muka gua dari belakang bro berhenti bentar bro ada telpon , dan kami pun berhenti sesaat ketika itu saya dengar bisik-bisik suruh bawa KTP karena ada penegecekan KTP di pelabuhan Gilimanuk ketika masuk ke Bali.

Akhirnya dugaanku benar bahwa Saya dan Bowo diharuskan membawa KTP, nah kebetulan saya yang tidak membawa KTP sedangkan Bowo bawa, tapi hal tersebut tak menyurutkan kami untuk trus melaju menuju bali. Perjalanan pun kita lanjudkan dengan perasaan was-was sedikit tapi gak apalah nanti pling ada jalan keluarnya “pikir keri” hahaha. Perjalanan pun sampai di kota Ngawi perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, saya pun sempet jepret foto di sana eksis bos hehe..., gass lagi sampe Mojokerto kita istirahat sholat and makan siang sekitar jam 12.00 wib, lanjut jalan lagi sampe kota pasuruan udah malem gaess akhirnya kita memutuskan untuk menginap beristirahat berhubung modal pas-pasan. Bowo dan Gua pnya obsi bro, nginep di kantor polisi atau di Pom Bensin akhirnya dengan segala pertimbangannya saya putuskan untuk nginep di kantor polisi karena kami beralasan lebih savety di kantor polisi , wah ternyata polisinya orang gunung kidul jogja juga haha akhirnya keakraban dengan pak polisi terjalin baik, kita pun tidur di kasih bantal ruangannya tertutup hangat lagi serasa di Hotel haha.., skhirnya kita pun tertidur. Pagi-pagi buta setelah sholat subuh kita out dari kantor polisi sekaligus pamitan sama bapak-bapak Polisi terima kasih ya pak atas tumpangan tidurnya. Perjalanan kita lanjutkan ke kota probolinggo , kotanya lumayan asik men, bersih nyaman sambil liat pemandangan kanan-kiri. Rintangan datang ketika masuk kota Situbondo, macet men.. katanya si ada kebanjiran truk besar-besar macet hampir 20 km, banyangkan seberapa jauh itu tapi tak menyurutkan semangat kita menuju pulau dewata gaeess...

Ibarat hidup penuh rintangan dan hambatan menuju kesuksesan hha, rintanagan mulu gak sukses-sukses haha.., lanjut ceritanya gaeess.. kita pun memutuskan untuk istirahat dan makan siang dlu di pingiran truk-truk besar bersama para sopir-sopir bahasa yang di gunakan orang pesisir Situbondo menggunakan bahasa madura gua gak paham tapi masih ada bahasa indonesia jadi masih bisa komunikasi dengan lancar hehe... yang punya warung baik banget men, kita sampe di ajak liat hasih menjala udang men, sampe kita makan bareng-bareng bersama si bapak itu. Satu kata dari saya trima kasih banyak ya pak meskipun kita bayar si hehe.., macetnya gak selesai selesai akhirnya kita memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju Banyuwangi, alhamdulillah banjir sudah surut cuma masih macet gaess tapi berhuhung kita make motor jadi bisa riding dengan jalan-jalan sempit lancar hehe..., disini baru terasa nikmat dan bener-bener nikmat ketika melewati jalan yang kirinya langsung pantai indah baget, kemudian lewat hutan yang namanya hutan Baluran di samping jalan terdapat banyak monyet gua teriakin tuh monyet ejoy banged men.., kita pun sampe di Dermaga ketapang banyuwangi sekitar jam 11.00 wib.

Sambil santai liat kanan kiri laut di atas kapal dan si Bowo berbincang dengan turis asal swedia katanya kita menikmati pemandangan men.., sekitar jam 12.00 wib, kita behasil menginjakan kaki di pulau dewata masuk ke pulau itu terasa baged religiusnya terdapat pura-pura di setiap rumah dan gua rasa ini bener-bener Bali kita sudahnyape pulau dewata, masuk bali bayar 20ribu ongkos nembus KTP gan hehe, tapi gua saranin kalau ke bali bawa KTP ya boss, akhirnya kita menikmati Bali bersama teman-teman disana Pantai Pandawa, kuta, legian, baliland,dll muter-muter sampai puas gaesss. Enjoy vication. Yang mau tanya-tanya barang kali mau jalan-jalan via motor Jogja- Bali monggo boleh komentar ..

Tuesday, December 22, 2015

Analisa Tehnikal dan Analisa Fundamental

Analisa Teknikal dan Fundamental sudah tidak asing bagi para pemain saham baik itu forex, emas atau komoditi lainnya. Dengan dua analisa ini para pelaku pasar bisa memprediksikan pergerakan harga yang akan terjadi. Lalu apa penegertian kedua analisa tersebut mari kita bahas satupersatu pengertiannya:

1) Analisa Teknikal

Analisa Teknikal adalah analisa pergerakan harga yang berdasarkan hitungan matematis baik itu berupa rumus, grafik dan chart dll. Dengan mengkolaborasikan teknik perhitungan berdasarkan rumus tertentu agar dapat memprediksi pergerakan harga masa depan. Para trader banyak yang mengunakan analisa ini untuk memprediksi pergerakan harga namun di ingat bahwa analisa tehnikal pun tidak bisa menjamin 100% keakuratannya. Butuh keterampilan dan prisikologi hingga mencapai prediksi paling akurat. Di teknikal ini para trader dapat mengetahui titik tren, pivot, support, resistance dalam priode tertentu.
                Para trader tidak perlu kebingungan dalam menentukan rumus dan teknik seperti apa yang akan digunakan. Banyak para peneliti yang sudah membuat indikator dan teruji keakuratannya seperti tehnik Fibonacci, Teory Eliot wave. Terdapat juga indikator penentu arah, berikut indikator yang biasa digunakan oleh para trader;
- Indikator penentu arah trend seperti Moving Average (MA), Moving Average Confergence Divergence (MACD), Parabolic SAR, dan Diretional Movements Index (DMI).
- Indikator penentu arah titik resistance, titik support dan pivot yaitu Bollinger Bands dan masih banyak indikator lainya.
                Kebanyakan indikator diberi nama sesuai dengan penemunya contoh indikator yang bernama Bollinger bands, diciptakan oleh Jhon Bollinger. Semua indikator tidak dapat 100% menjamin keakuratannya dipengaruhi oleh faktor prisikologi dan keterampilan yang memadai agar menghasilkan prediksi yang maksimal.

2) Analisa Fundamental

Analisa Fundamental adalah cara meganalisis dengan melihat berita ekonomi, sosial, dan politik yang mempengaruhi pergerakan harga. Analisa fundamental merupakan sahabat trader yang selalu menjadi perhatian terlebih lagi seorang fundmentalis. Fundamental sangat berpengaruh terhadap pergerakan harga dalam waktu yang relatif singkat. Para trader pasti mempunyai jadwal kalender ekonomi kapan jawal berita ekonomi, sosial maupun politik akan berlangsung.

Berita penting yang mempengaruhi pergerakan secara seknifikan seperti  CPI (Costumer Price Index), GBP (Gross Domestic Product), NFP (Non Farm Payroll), PPI (Producers Price Index), Retai Sales, Trader Balance dll. Setiap berita mempengaruhi pergerkan pasar berbeda-beda. Pergerakan sangat besar yaitu NFP (No Farm Payroll) berita tersebut terjadi di setiap hari jumat jam 19.30 setiap awal bulan. Jadwal berita ekonomi bisa dilihat di web besar seperti Forexfactory, Dailyfx dll. Selamat bertrading jika belum jelas boleh berkomentar.

Monday, December 21, 2015

Pesan untuk Trader Forex Pemula

Trading Forex merupakan bisnis yang banyak di geluti dewasa ini. Bisnis yang menjanjikan keuntungan yang berkali-kali lipat dari modal awal. Di dalam forex kita bisa melipat gandakan keuntungan kita dalam waktu yang sangat cepat bahkan melipat gandakan modal hingga 200 persen bahkan lebih. Sehingga banyak pemula yang belum pernah masuk di dunia forex mencoba untuk mencari eruntungan di Forex. Orang yang terjun dan bermain forex bernama trader. Meskipun keuntunggan yang begitu besar namun senyatanya banyak yang tumbang di bisnis ini karena bangkrut dan mengalami kerugian besar di bisnis karena kurangnya edukasi dan sistem bermain forex namun banyak juga yang sukses di dalam bisnis ini. Untuk yang pertama kali terjun ke dunia forex dan belum pernah sebelumnya sama sekali maka lebih baik mempelajari dasar-dasar ilmu forex dengan akun demo terlebih dahulu agar kerugian besar bisa terhindari. Mempelajari fungsi setiap itm di platfrom aplikasi trading sebagai alat untuk memulai perdagangan.
                Banyak anggapan bisnis ini dapat menjadikan kaya sekejap dengan modal yang begitu minim. Namun akhirnya berhenti dan menyerah terhadap bisnis ini. Sejatinya forex merupakan bisnis yang kuntungannya sesuai dengan modal yang kita punya. Dan yang terpenting yaitu mengunakan money management yang baik untuk menahan margin. Sebetulnya bisnis forex secara harfiah hampis sama dengan bisnis jual beli pada umumnya apa bila modal besar maka keuntungan yang di dapat akan semakin besar pula. Namun banyak pemula yang kurang menyadari itu dengan segala emosinya ingin cepat kaya dan menghasilkan uang yang sebanyak banyaknya dalam waktu singkat dengan bisnis ini. Kesuksesan seorang trader terletak pada penguasaan analisa teknikal dan fundamenal serta yang paling sulit yaitu penguasan emosi atau prisikologi. Misal, ketika kita open order buy pada harga sekarang namun pada berapa menit kemudian harga malah turun dan kita close open order kitapun rugi tapi beberapa jam kemudian harga sebetulnya benar-benar naik disini peranan prisikologi dan money management teramat penting bukan hasil sekarang namun hasil secara kontinyu dan keseluruhan.

Ketika trader sudah mengusai analisa tenikal,analisa fundamental, prisikologi serta money management yang baik maka dalam menghadapi market akan selalu mudah sehingga presentase profit akan semakin tinggi. Trader hebat memerlukan waktu lama untuk bisa menjadi hebat melalui pembelajaran pengalaman belajar dari kesalahan yang lalu itulah kuncinya.

Sunday, December 20, 2015

Pengertian Forex secara Bahasa dan Istilah

Dewasa ini bisnis forex berkembang pesat banyak orang yang tertarik dengan bisnis ini. Mengingat bahwa bisnis forex tidak akan pernah mati maupun berhenti, dimana ada mata uang distulah bisnis forex akan selalu ada. Sebelum kita terjun ke dunia forex setidaknya kita harus tau dulu apa forex itu  bagaimana sistem kerjanya dan apa yang bisa kita peroleh dari bisnis forex.
1) Pengertian Forex
Penegertian forex dapat di bagi menjadi 2 yaitu secara bahasa dan istilah;
Forex secara bahasa berasal dari dua kata bahasa inggris ( foreign exchage) Foreign yang berarti asing atau luar negeri dan exchage yang berarti pertukaran. Apabila kita gabungan antara dua kata tesebut maka akan menjadi pertukaran asing yang dimaksudkan pertukaran mata uang asing.
Forex secara istilah  merupakan sebuah kegiatan perdagangan yang melibatkan  dua mata uang antar negara yang berbeda sebagai objek perdagangan. selisih perbedaan nilai dua mata uang antar negara itulah yang menjadi aktifitasnya.
2) Sistem kerja Forex
Perputaran mata uang forex itu sendiri setiap harinya mencapai US$ 5 triliun setiap harinya. Aktifitas Forex berlangsung 24 jam setiap hari dari hari senin hingga jumat kecuali sabtu dan minggu pasar ditutup atau libur. Dalam aktifitas perputaran mata uang pasar forex dimulai dari negara Slandia Baru dan Australia pada jam 05.00-14.00 WIB. Kemudian dilanjutkan oleh pasar Asia yang belansung jam 07.00-16.00 WIB. Berikutnya pasar Eropa berlangsung dari jam 14.00-22.00 WIB. Yang terakhir yaitu pasar Amerika pada pukul 19.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Setelah pasar Amerika kemudian dianjutkan Australia, Asia begitu trus menerus sacara berurutan. Maka dari itu banyak pelaku forex memilih jam-jam tersebut sesuai dengan mat a uang yang di perdagangkan karena dijam tersebut pergerakan harga sangat fluktuaktif.
3) Apa yang bisa kita dapatkan di bisnis forex

Yang terlibat dalam bisnis forex sangat beragam mulai dari perusahaan hangs fund besar, bank-bank besar di setiap negara dan orang-orang yang berkecimpung didalamnya. Dengan dana-dana besar para pelaku pasar memperdagankan dan mengerakan harga. Bayak juga orang yang mempuyai modal kecil terjun di bisnis forex ini dan berusaha untuk mencari keuntungan di dalamnya. Bagi pemula memang perlu tau bagaimana cara terjun ke pasar forex langkah-langkah apa yang harus dilakukan sebelum terjun kedalam bisnis ini yang dimana keuntungan di dalam bisnis ini bisa sangat besar namun resikonya pun besar karena forex merupakan bisnis high risk yang memiiki resiko besar. Apabila kita tau satu orang tokoh besar yang bernama George Soros yang merupakan orang besar yang sukses di bisnis forex yang kekayaannya mencapai milyaran USD.

Sunday, March 1, 2015

Jurney To Bali Hal yang Bener-bener Gila

Tags

Minggu, 1 maret 2015
Perjalanan Jogja Bali,
Yang pertama gua ingin katakan yaitu salam bagi “backpacker Indonesia” hehe.. entah apa yang gua lakuin ini termasuk backpacker atau bukan hihi, gini sedulur ,ane mau share tentang pengalaman gila ane yang baru satu kali gua lakuin yaitu turing Jogja-bali pake sepeda motor. supra fit pula motor gua, tapi lumayan irit sheee.. ehehe, tau ndiri mahasiswa waktu itu yang duitnya Cuma pas-pasan. Sebetulnya nie artikel sudah lama pengen gua buat tapi baru kesampaian sekarang  “pas selo” kata orang jawa bilang hehe, perjalanan ane ke-Bali waktu itu pada tanggal 26 januari 2014 semasa ane masih kuliah. Sekarang mah masih jadi sarjana muda,ehehe.  ini atikel bertujuan untuk para backpacker jogja yang pengen ke Bali dengan biaya murah tentunya, berawal dari rasa penasaran temenku yang bernama hendro alias bowo yang katanya belum pernah sama sekali menginjakan kakinya ke pulau dewata, sedangkan guwa sudah pernah ke bali waktu sma tapi bowo menantangku bagaimana kalo kita pergi ke bali pake motorku, hatiku pun tercengang hehe.. masak iya pake motor apa gak capek tuh, tapi tantangan dari temen gua tuh membuat guwa penasaran dan rasa pengen menerima tantangan naklukin bali dengan motor hehe. Rencana memang sudah lama tapi baru kesampaian satu bulan setelah planning, waktu itu malem senin kita nongkrong malem biasa anak muda, kita putuskan untuk berangkat senin pagi padahal mlmnya begadang tuh… guwa bilang ma bowo pa bener kita mau kebali emang lho” punya duit berapa bro” 500 ribuu,.. emang cukup, guwa Cuma punya uang 600 ribuu nie, gak masalah cukup-cukup di cukup2pin maksudnya, terang , “bowo”. Oke dah guwa terima tantangan lho akhirnya hari senin 26 januari 2014 kita berangkat.. pagi-pagi sekitar jam 6 guwa di bagunin bowo gedor-gedor pintu ane.. trus gua bagun tuh sambil ngumpulin nyawa hehe,.. trus cus mandi packing alat-alat yang mau ane bawa ke bali.. kita star dari jogja  sekitar jam 7 pagi, pada waktu itu kita pikir pa bener kita mau kebali beneran bro.., guwa gak tau jalannya bro, santai ada GPS “kata si bowo” oke dah.. cuss meluncur.. bersambung gaesss