Thursday, August 8, 2019

Bagaimana Tips Memilih power Supply

Tags

Tips Memilih Power Supply yang Bagus untuk kebutuhan anda – Power Supply atau PSU singkatan dari Power Supply Unit merupakan sebuah hardware yang sering kali dilupakan dalam perakitan sebuah perangkat komputer. Banyak orang yang cenderung lebih mementingkan beragam hardware lain seperti misalnya VGA, Processor dan juga RAM. Padahal jika dilihat dari fungsinya, Power Supply ibarat Jantung dalam tubuh manusia yang memiliki peran sentral dan sangat penting untuk memberikan supplai darah ke semua organ tubuh pada manusia.

Untuk menjaga agar komponen yang lain pada perangkat komputer anda tetap awet, maka anda perlu memilih sebuah Power Supply yang baik untuk PC Gaming Anda. Hal ini sangat penting, terlebih lagi bagi anda yang sedang melakukan perakitan komputer untuk gaming high end/kelas atas, misalnya saja untuk kebutuhan gaming. Jika anda dalam situasi seperti ini, maka Power Supply kelas atas pun juga dibutuhkan. Oleh karena itu kami akan memberikan Tips Memilih Power Supply yang Bagus untuk PC Gaming anda supaya anda tidak salah dalam memilih Power Supply.


  1. Sebelum membeli Power Supply, maka terlebih dahulu anda harus memperkirakan jumlah daya yang diperlukan oleh komputer anda. Anda dapat memanfaatkan beragam tool yang ada di internet untuk membantu anda dalam menghitung jumlah daya tersebut.
  2. Setelah anda mengetahui jumlah daya yang anda butuhkan, maka anda dapat mencari Power Supply yang sesuai dengan jumlah daya tersebut untuk dapat memenuhi kebutuhan daya yang ada pada komputer anda. Untuk komputer gaming biasanya dibutuhkan power supply yang memiliki daya minimal 450 watt s/d 600 watt.
  3. Jangan sampai anda membeli atau memilih Power Supply dengan dasar pertimbangan harga yang murah, atau bahkan harga yang terlalu murah. Mengapa? Hal ini kemungkinan besar akan mendatangkan masalah bagi anda nantinya.
  4. Jika anda sudah mendapatkan Power Supply, maka cobalah untuk mencari informasinya di Internet. Carilah rating dan juga ulasan dari para konsumen mengenai Power Supply tersebut. Atau jika tidak, anda dapat mencari informasi terlebih dahulu sebelum membeli sebuah Power Supply atau mencari rekomendasi dari orang orang terdekat anda atau dari beberapa sumber yang dapat dipercaya.
  5. Akan lebih baik jika anda membeli Power Supply terbaik dengan kualitas dan merek yang sudah ternama atau sudah banyak dipakai dan dipercaya oleh banyak orang. Beberapa merek Power Supply yang bagus tersebut misalnya saja seperti Coarsir, FSP, Super Flower, Silverstone, Seasonic, fatalis, Enermax dan masih banyak lagi yang lainnya. Beberapa Power Supply yang baik dengan harga yang cenderung terjangkau misalnya saja adalah Muscle Power dan masih banyak lagi pilihan yang lainnya.
  6. Usahakan untu mencari Power Supply yang sudah memiliki minimal cap bronze. Cap Bronze merupakan sebuah sertifikat yang diberikan kepada sebuah produk Power Supply yang mampu memberikan efisiensi di atas 80%. Seperti yang kita tahu bahwa semakin tinggi efisiensi yang diberikan, maka akan semakin murah biaya listrik yang perlu anda keluarkan.
  7. Power Supply yang sudah memiliki sertifikat seperti yang sudah dijelaskan di atas, biasanya telah melalui beberapa macam tahapan agar lolos dan mendapatkan sertifikat. Itulah mengapa anda harus memilih Power Supply dengan label 80+ karena ini merupakan sebuah jaminan mutu pula bagi anda.


EmoticonEmoticon