Thursday, December 22, 2016

Cara Mereset Motherboard

Tags


       
       BIOS yang kepanjangan dari Basic Input Output Syistem merupakan sebuah software yang berfungsi untuk menginisialisasi perangkat keras dari Komputer. System BIOS sendiri tertancap sebuah ROM atau COSMOS yang terdapat pada Motherboard. Terkadang kita temui dalam kondisi motherboard yang eror atu terdapat gangguan-angguan yang terjadi pada motherboard. Seperti contoh gagal BIOS ataupun ketika kita menyalakan motherboard ketika menyala namun tidak ada tampilan pada monitor maka kita bisa melakukan reset BIOS. Berikut ini cara mereset BIOS.

1. Pertama kali yang kita lakukan adalah dengan mematikan computer dan mencabut kabel yang tersambung dari power supply seperti kabel atx dan kabel power kemudian lepaskan seluruh komponem yang tersambung pada motherboar seperti RAM, kipas pendingin prosesor, prosesor dan hardisk.

2  Pastikan semua sudah terlepas maka setelah itu yang kita lakukan dengan tombol power dalam beberapa detik. Ini berfungsi sebagai penghilangan sisa-sisa arus istrik yang ada pada motherboard.

 Setelah itu anda biasa jumper dengan cara cari tulisan yang ada di motherboard CRL COSMOS atau CRL TC pada motherboard. Biasanya terletak sebelang samping batrai cosmos namun tergantung jenis soket motherboardnya.

4
  Jika pada Motherboard terdapat tombol jumper maka pencetlah tombol jumper tersebut. Namun jika tidak ada biasanya dalam motherboard terdapat pin ada yang 2 pin dan ada yang 3 pin. Jika 3 pin maka anda boleh pindahkan posisi jumper ke sisi pin yang lainya. Kemudian jika motherboard anda terdapat 2 pin maka anda tinggal memindah jumper keposisi yang lainnya. Jika tidak memiliki jumper yang anda lakukan adalah short dengan cara menyatukan 2 sisi pin dengan mengunakan obeng. Jika sudah selesi anda boleh tunggu beberapa saat.

 Setelah anda bias maka kembalikan posisi jumper ke tempat semula. Cabut jumper untuk 2 pin atau kembalikan jumper ketempat sebelumnya untuk yang mengunakan 3 pin.

6 Sekarang pasang kembali kabel power supply yang sebelumnya anda lepas. Pastikan semua kabel terpasang ke konektor dengan rapat. Kemudian pasang semua komponen seperti semula dan nyalakan maka settingan BIOS kembali default.


Demikian cara mereset BIOS apabila kurang jelas maka bias ditanyakan. Trima Kasih.

2 comments

Hai Teman ..kami dari Agen poker terbaik dan agen poker terpercaya ingin mengajak kamu bergabung di DNAPOKER.
♠ Bonus New Member 20% max bonus Rp 300.000,-
♣ Bonus setiap Deposit 5% max bonus Rp 100.000,-
♥ Bonus Cashback rollingan 0,3%
♦ Bonus Refferal 15% ( Seumur Hidup )
Untuk info lebih lanjut :
WA : +8558692773
link alternatif kami :
www.dnawin.net
www.dnawin.co
www.dnapoker.com

Anda cari situs yang ada hokinya? tetapi bingung untuk memilih situs yang mana yang Hoki? ayo bergabung di JPSPOKER dan rasakan sensasinya bermain di JPSPOKER karena di JPSPOKER persentase WDnya yang amat tinggi dan JACKPOTNYA yang turun selalu pastinya.

JPSPOKER menyediakan Bonus Berupa sebagai berikut:
- Bonus New Member 20%
- Minimal Deposit / Withdraw Rp. 15,000.-
- Bonus Refferal 10%
- Bonus Next Deposit 5%
- Bonus Rollingan Mingguan 0.3% - 0,5%
- Proses Deposit / Withdraw 3Menit
- Bonus TurnOver Bulanan

Mensupport 4 Bank terbesar di indonesia yaitu:
✅BCA
✅MANDIRI
✅BNI
✅BRI

Menerima Deposit Via Pulsa TELKOMSEL,XL Dan via Uang Elektronik lainnya berupa:
👍OVO
👍DANA
👍GOPAY

Jika anda perlu bantuin bisa hubungi kami di:
📲 LiveChat: www. jpspoker8 ,com
📲 LINE : jpspoker
📲 Whatsapp : +6282370836863
📲 YM : JPSPOKER

Link alternatif
🌐www. jpspoker ,asia
🌐www. jpspoker8 ,com
🌐www. jpspoker8 ,org

NB: DI HAPUS SPASI LINKYA


EmoticonEmoticon